Kamis, 07 Juni 2018 09:49 WITA

Kemenkes Siagakan 3.910 Posko Kesehatan Selama Libur Lebaran

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Kemenkes Siagakan 3.910 Posko Kesehatan Selama Libur Lebaran

RAKYATKU.COM - Selama libur Lebaran, Kementerian Kesehatan Indonesia siagakan 3.910 pos pelayanan kesehatan di seluruh daerah di Indonesia, utamanya untuk arus mudik dan arus balik libur Lebaran 2018. 

Pelayanan kesehatan pada posko-posko tersebut tetap siaga dari H-10 sampai H+10 Lebaran.

"Tahun ini, Kemenkes tambah jumlah pos pelayanan kesehatan untuk arus mudik dan balik Lebaran dari tahun sebelumnya 3.826 pos menjadi 3.910 tahun ini," ujar Menteri Kesehatan Nilla Moeloek, seperti yang dikutip dari Tempo.com.

Sebanyak 3.910 pos tersebut terdiri dari 923 pos kesehatan, 2.231 puskesmas, 375 rumah sakit, 207 kantor kesehatan, dan 174 public safety centre. 

Nilla mengungkapkan, pihaknya telah menyurati pemerintah daerah agar memberikan pelayanan kesehatan di rumah sakit dan puskesmas selama 24 jam selama libur lebaran. 

"Kami telah surati pemerintah daerah untuk pelayanan kesehatan saat mudik Lebaran," tuturnya.

Dalam surat edaran itu, Kementerian Kesehatan meminta pemda membentuk tim penyelenggara kesehatan mudik. Selain itu, Kemenkes meminta setiap rumah sakit menyiapkan tim gawat darurat.

Disamping itu, Nila juga mengimbau pemudik untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum melakukan perjalanan mudik. Serta beristirahat selama 15 menit setiap dua jam bagi pengendara sepeda motor dan 15 menit untuk setiap empat jam untuk pengendara mobil. 

"Target pemerintah, mudik tahun ini zero kecelakaan. Kami harapkan semua itu bisa tercapai," ujarnya.