Rabu, 06 Juni 2018 14:11 WITA

Mudik Lebaran, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Terima 15 Permintaan Extra Flight

Editor: Nur Hidayat Said
Mudik Lebaran, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Terima 15 Permintaan Extra Flight
Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Beberapa maskapai penerbangan telah mengajukan penerbangan tambahan untuk mengakomodasi lonjakan penumpang saat arus mudik Lebaran Idulfitri.

Tahun ini diprediksi jumlah penumpang yang tiba dan berangkat dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin berjumlah ratusan ribu orang.

"Tahun lalu selama periode Lebaran jumlah penumpang 670.255 orang dan tahun ini kami prediksi naik di angka 771.305 orang," kata Turah Aji, Humas Angkasa Pura I Sultan Hasanuddin, Selasa (6/6/2018).

Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada 8-10 Juni 2018. Sementara, puncak arus balik terjadi pada 22-24 Juni 2018. Diprediksi terjadi kenaikan 15,1 persen penumpang arus mudik tahun ini dibanding 2017 lalu.

"Persiapan dari Angkasa Pura I adalah membentuk tim posko dari unsur internal dan eksternal. Posko akan beroperasi mulai tanggal 7 Juni hingga 24 Juni mendatang," ujar Turah.

Dikatakannya, beberapa maskapai penerbangan juga telah mengajukan extra flight untuk mengakomodasi bertambahnya jumlah penumpang yang telah memesan tiket. Jika tahun lalu rata-rata penumpang berasal dan datang dari wilayah Jawa, maka tahun ini penumpang yang memesan tiket merata dari seluruh wilayah.

"Sampai saat ini sudah ada 15 extra flight yang diajukan oleh beberapa maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia, Lion Air, dan Wings Air," sebutnya.

Pihaknya juga telah membuat skema aliran penumpang untuk menghindari penumpukan di salah satu gate keberangkatan. "Nanti kita akan alirkan juga ke extra gate yang ada," terangnya.