Rabu, 06 Juni 2018 06:00 WITA

Cara Mendapatkan dan Jadwal Malam Lailatul Qadar

Editor: Fathul Khair Akmal
Cara Mendapatkan dan Jadwal Malam Lailatul Qadar
Ilustrasi (prelo.co.id

RAKYATKU.COM - Cara mendapatkan Lailatul Qadar adalah dengan salat isya' berjamaah dan bertekad untuk melaksanakan salat subuh secara berjamaah. Hal ini terdapat dalam hadist Imam As-Syafi'i dalam Al-Umm.

Apa yang dikatakan oleh Imam Syafi'i dan ulama lainnya sejalan dengan hadits dari 'Utsman bin 'Affan radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Siapa yang menghadiri shalat 'Isya berjamaah, maka baginya pahala shalat separuh malam. Siapa yang melaksanakan shalat 'Isya dan Shubuh berjamaah, maka baginya pahala shalat semalam penuh." (HR. Muslim no. 656 dan Tirmidzi no. 221).

Amalan pada malam Lailatul Qadar ternyata bukan hanya dengan salat saja. Melainkan dengan dzikir dan juga tilawah Al Quran. Namun amalan shalat lebih utama dari amalan lainnya di malam lailatul qadar berdasarkan hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu.

Anda dapat melakukan ini saat malam Lailatul Qadar:
Perbanyak shalat sunnah
Perbanyak doa: Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu'anni
Perbanyak tilawah Al Quran
Perbanyak dzikir

Lailatul Qadar sudah bisa Anda dapatkan mulai kemarin malam. Berikut tanggal yang harus Anda persiapkan untuk mendapatkan Lailatul Qadar:

Selasa, 5 Juni 2018
Kamis, 7 Juni 2018
Sabtu, 9 Juni 2018
Senin, 11 Juni 2018
Rabu, 13 Juni 2018

Meski begitu, Anda tetap disarankan untuk mencari Lailatul Qadar di semua malam di 10 hari terakhir Ramadan. Tidak akan ada yang percuma. Pasalnya, beribadah dan beri'tikaf pada bulan Ramadan pahalanya dilipatgandakan oleh Allah SWT.