Rabu, 06 Juni 2018 07:00 WITA

Lagi Memburu Lailatul Qadar, Simak Ini Tanda-tandanya

Editor: Fathul Khair Akmal
Lagi Memburu Lailatul Qadar, Simak Ini Tanda-tandanya
ilustrasi shalat tahajud

RAKYATKU.COM - Bulan Ramadan adalah bulan dimana umat Islam melaksanakn ibadah Puasa Ramadan. Bukan hanya itu, bulan ini memiliki banyak keistimewaan. Salah satu diantara keistimewan Ramadan, adalah malam Lailatul Qadr atau malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Lailatul Qadar dapat juga kita artikan sebagai malam pelimpahan keutamaan yang dijanjikan oleh Allah kepada umat islam yang berkehendak untuk mendapatkan bagian dari pelimpahan keutamaan itu. Keutamaan ini berdasarkan nilai Lailatul Qadar sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Pada dasarnya, Lailatul Qadar terjadi pada 10 malam terakhir di bulan Ramadan. Hal ini sesuai hadist dari Aisyah yang mengatakan bahwa Rasulullah beri'tikaf di sepuluh malam terakhir bulan ramadan dan dia bersabda yang artinya 'carilah malam Lailatul Qadar di malam ganjil pada 10 hari terakhir bulan Ramadan'.

Lailatul Qadar akan datang di malam ganjil pada 10 malam terakhir bulan Ramadan. Dalam hal ini di tahun 2018, Anda dapat mencari malam Lailatul Qadar mulai kemarin malam, Selasa 5 Juni 2018. Dari tenggelamnya matahari hingga terbit fajar subuh.

"Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS. Al-Qadr: 3-5)

Meskipun malam Lailatul Qadr tidak dapat diketahui dengan pasti ada beberapa tanda yang dapat diamati dan tanda-tanda tersebut menunjukkan datangnya malam lailatul qadr. Adapun tanda-tanda malam lailatul qadar tersebut antara lain:

1. Pada hari dimana malam lailatul qadr akan datang, matahari bersinar tidak terlalu panas  atau cahayanya meredup sehingga cuaca pada hari itu sangat sejuk sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW
2. Malam tersebut biasanya akan terbawa kedalam mimpi seseorang yang mengidamkan lailatul qadr. Dalam mimpinya tersebut seseorang biasanya akan merasakan malam yang berbeda dengan malam-malam yang lain
3. Pada malam harinya tanda yang lain adalah langit malam akan nampak bersih, dan tidak nampak awan bahkan sedikit pun, suasana malam sangat tenang dan sunyi, tidak dingin dan tidak juga panas. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad bahwa sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda “Malam Lailatul Qadar itu langit bersih, udara tidak dingin atau panas, langit tidak berawan, tidak ada hujan, bintang tidak nampak dan pada siang harinya matahari bersinar tidak begitu panas.”
4. Merasakan nikmat yang lebih saat beribadah dibandingkan dengan malam lainnya. Pada malam lailatul qadar, para malaikat turun ke bumi dan mereka memberikan rahmat serta membuat umat islam yang beribadah merasa lebih tentram dan damai.
5. Bulan akan muncul dimalam ini dan nampak separuh.
6. Pada malam ini angin akan berhembus dengan lembut dan membawa kesejukan bagi umat manusia
7. Tidak turun hujan pada malam lailatul qadar meskipun sedang dalam musim penghujan
8. Malam nampak sangat terang meskipun bulan hanya nampak separuh hal ini dikarenakan pada malam lailatul qadar langit tidak tertutupi awan sedikitpun

Dengan adanya tanda-tanda ini diharapkan umat muslim dapat lebih mudah mengidentifikasi atau mengenali lailatul qadar, sehingga dapat menjalankan ibadah sebanyak-banyaknya dan sebaik-baiknya pada malam yang diyakini sebagai malam lailatul qadar tersebut, namun tanpa mengurangi ibadah-ibadah pada malam lainnya.