Senin, 04 Juni 2018 07:00 WITA

Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Mobil

Penulis: Wahyu Susanto S
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Mobil
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Sebentar lagi, musim mudik bakal menggelegar ditanah air. Nah, bagi kamu yang merencanakan mudik dengan mobil pribadi, tentu harus melakukan persiapan matang menjelang mudik agar perjalanan mudik lancar dan sampai dengan selamat.

Untuk kamu yang mudik dengan berkendara mobil, baca dulu tips ini!

1. Cek Kondisi Mobil

Mengecek kondisi mobil sangatlah penting sebelum bepergian, periksalah mesin mobil, radiator, aki mobil, ban mobil (kondisi angin), oli mobil dan kondisi mobil secara keseluruhan. Hal ini sangat penting karena Anda akan menghabiskan banyak waktu di jalan dengan mobil.

Jika diperlukan, bawalah spare ban mobil untuk mengatasi permasalahan ban bocor atau kempes saat di perjalanan.

2. Perkakas Mobil

Perkakas mobil sangat diperlukan, khususnya saat mobilmu mogok di tengah jalan, bawalah satu kotak atau box perkakas mobil. Jangan lupa juga untuk membawa buku panduannya untuk mengetahui cara memperbaiki mesin yang mogok.

3. Alat P3K

Alat medis P3K atau pertolongan pertama pada kecelakaan sangatlah penting jika terjadi hal yang tidak diinginkan di jalan. Dilansir laman Iprice, meskipun tidak terlalu lengkap, peralatan seperti plester, obat pereda otot, hingga obat pereda sakit sangat diperlukan, simpan saja dalam kotak atau box P3K di mobilmu.

4. Kapasitas Mobil

Periksa kembali kapasitas mobimu, jika mobil hanya bisa menampung 4 orang, jangan dipaksakan untuk membawa lebih banyak penumpang, sesuaikan kapasitas mobil dengan jumlah penumpang yang akan dibawa.

Mobil dengan jumlah penumpang yang melebihi kapasitas mobil selain akan membuat ruangan menjadi sangat sesak dan sempit, juga akan memperlambat speed atau kecepatan mobil dan hanya akan menambah tingkat stress di jalan karena ruang gerak menjadi semakin sempit dan terbatas.

5. Koper dan Barang Bawaan

Bawalah tas koper dan barang bawaan secukupnya, jangan terlalu dipaksakan untuk membawa barang bawaan berlebihan hingga mengikatnya di bagian atas atau atap mobil dengan tali karena selain riskan untuk terjatuh, juga membuat mobil jadi terlihat berantakan.

6. Uang Cash

Meskipun sekarang sudah canggih dengan adanya e-money, kartu kredit dan debit, tapi membawa uang cash atau uang tunai sangat direkomendasikan, walaupun bisa saja kamu tinggal mengambil uang di ATM di rest area tapi jika kamu memilih untuk membayar uang tol secara cash, maka uang cash perlu kamu siapkan, juga untuk hal-hal lainnya yang tak terduga.

7. Peta atau GPS

Membawa peta atau GPS memang sangat penting terutama untuk kamu yang jarang pulang ke kampung halaman karena cukup membantu kamu untuk sampai ke tempat tujuan agar tidak tersesat.

8. Tempat Duduk Bayi

Tempat duduk mobil bayi memang diperlukan, khususnya untuk kamu yang bepergian membawa anak kecil atau balita. Jadi, perjalanan berjam-jam akan lebih nyaman untuk si kecil.