Rabu, 30 Mei 2018 17:45 WITA

Hindari Makan Berlebihan Saat Berbuka Puasa

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Hindari Makan Berlebihan Saat Berbuka Puasa

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Saat berbuka puasa adalah nikmat yang luar biasa bagi kita yang berpuasa setelah sekira 12  jam menahan haus dan lapar. Asupan makanan dan minuman akan membuat tubuh kembali bugar karena makanan yang kita komsumsi menjadi sumber energi. Namun ternyata makanan tersebut bisa menjadi racun jika dikomsumsi secara berlebihan. 

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau, dr Renny Anggraeni Sari menekankan menjaga pola makan dan minum saat berbuka. 

"Memgkomsumsi makanan secara berlebihan saat berbuka puasa akan berdampak pada tubuh, tidak heran jika setelah berbuka kita merasa suhu tubuh meningkat dan badan teras panas," ujar Renny, Rabu (30/5/2018). 

Renny menjelaskan mengkomsumsi makanan berlebihan saat buka puasa juga membuat tubuh menjadi lemas dan mengantuk. "Makanya membuat kita sulit beraktifitas setelah buka misalnya Shalat Tarwih," jelasnya. 

Kegemukan dan masalah pencernaan kata Renny juga bisa menjadi ancaman jika kita berbuka secara berlebihan. 

"Lambung akan bekerja ekstra dalam mencerna makanan, sebaiknya saat berbuka perhatikan jenis dan kandungan makanan yang dikomsumsi agar tetap bugar dan sehat," tukasnya.