Jumat, 25 Mei 2018 12:49 WITA

6 Tips Agar Mudah Bangun Sahur

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
6 Tips Agar Mudah Bangun Sahur

RAKYATKU.COM - Bangun sahur pada dini hari biasa nya butuh perjuangan, untuk membuka mata dan mengembalikan kesadaran sepenuhnya. Hal ini seperti sudah menjadi tradisi sahur.

Padahal, ada trik agar bangun sahur terasa lebih ringan. Berikut cara-cara yang dapat membuat Anda lebih mudah bangun saat sahur, yang dikutip dari Klik Dokter:

1. Tidur lebih awal
Dengan tidur lebih awal, saat Anda bangun untuk sahur, tubuh pun sudah lebih siap karena telah mendapatkan istirahat yang cukup. Supaya lebih cepat terlelap, sebisa mungkin minimalkan bising atau cahaya yang terlalu terang di dalam kamar. Ruangan yang sejuk dan bersih juga berperan dalam mengatur mood tidur.

2. Pasang alarm sama dengan nada dering panggilan 
Coba pasang alarm dengan nada yang sama dengan nada panggilan masuk. Karena orang biasanya akan lebih mudah terbangun oleh bunyi panggilan masuk dibandingkan dengan alarm. Satu lagi, letakkan alarm pada jarak yang agak jauh sehingga Anda terpaksa bangkit untuk mematikannya. 

3. Hindari kafein dan gula sebelum tidur
Tak hanya kopi, teh dan soda juga memiliki kafein yang bisa membuat Anda terjaga. Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi semua jenis minuman berkafein ini sebelum tidur. Anda juga perlu menjaga diri dari makanan yang manis-manis sebelum terlelap, karena jika terlalu banyak malah dapat membuat tidur kurang nyenyak.

loading...

4. Olahraga
Olahraga yang dilakukan dengan tepat dapat membuat tidur lebih nyenyak. Pilihlah latihan fisik yang berintensitas ringan, seperti joging kecil, yoga, bersepeda, taici, dan berenang. Anda dapat berolahraga 30 menit sebelum beduk, atau pada malam hari asalkan tidak mendekati jam tidur. Jika jamnya terlalu berapit dengan waktu tidur, bisa-bisa Anda jadi sulit terlelap.

5. Minta dibangunkan
Terkadang, satu-satunya cara agar Anda lebih mudah bangun sahur adalah dengan minta dibangunkan orang lain. Biasanya orang akan lebih cepat menyahut jika dibangunkan orang lain. Tentunya ada perasaan segan atau tidak enak hati jika mengabaikannya.

6. Niat
Dari sekian cara di atas, niat mungkin adalah hal yang paling penting. Karena segala usaha yang dilakukan tanpa tekad yang kuat, jatuhnya akan sama saja. Jadi pasanglah niat untuk bangun lebih awal sehingga otomatis Anda akan bangun dengan sendirinya saat sahur nanti. 

Tags
Loading...
Loading...