Selasa, 22 Mei 2018 16:43 WITA

Resep Biji Salak Isi Keju

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Resep Biji Salak Isi Keju

RAKYATKU.COM - Ingin berbuka dengan takjil lebih berbeda, mungkin Anda bisa mencoba menu yang satu ini, Biji Salak Isi Keju.

Bahan yang digunakan serta cara memasaknya pun cukup mudah untuk membuatnya sendiri di rumah. Berikut resepnya yang dikutip dari cookpad:

Bahan-bahan    
-2 buah ubi ukuran Sedang
-100 gr tepung tapioka
-Sejumput garam
-50 gr keju, potong2 kotak kecil

Bahan bubur :
-1 lt air
-2 buah gula jawa
-2 sdm gula pasir
-3 sdm tepung tapioka
-2 lembar daun pandan ikat sampul

Bahan kuah santan :
-1 bungkus santan kara 65 ml
-100 ml air
-Sejumput garam
-1 lbr daun pandan ikat sampul

Cara memasak
- Kupas ubi, cuci bersih, potong-potong lalu kukus, setelah ubi empuk, lumatkan ubi dengan garpu, lalu tambahkan garam dan tepung. Kemudian uleni sampe kalis ato bisa dibentuk, lalu bentuk bulat ato oval kemudian isi potongan keju, lakukan sampe adonan ubi habis.

- Setelah itu rebus air sampe mendidih, masukkan semua biji salak/adonan ubi tadi, biarkan sampe biji salak mengambang, ambil, tiriskan

- Siapkan panci berisi air untuk bikin buburnya, didihkan air masukkan daun pandan, gula jawa dan gula pasir, biarkan sampe gula larut, lalu saring air gula agar kotorannya tidak ikut. Kemudian didihkan kembali dengan masukkan biji salak.

- Kemudian tuangkan tepung tapioka yang sebelumnya telah dilarutkan ke air sedikit sambil diaduk-aduk hingga kuah menjadi kental. Diamkan masakan sampe meletup-letup, lalu matikan kompor, dan sisihkan.

- Untuk kuah santan, campur semua bahan, lalu didihkan di atas kompor, aduk-aduk sampe mendidih, kemudian angkat.

- Sajikan bubur biji salak beserta kuah santan.

Tags