Sabtu, 19 Mei 2018 07:30 WITA

Begini Nilai Gizi Jika Anda Buka Puasa dengan Kolak Ubi

Editor: Adil Patawai Anar
Begini Nilai Gizi Jika Anda Buka Puasa dengan Kolak Ubi

RAKYATKU.COM - Selain es buah, kolak juga jadi takjil kesukaan orang Indonesia. Semangkuk kolak berisi ubi dan kolang kaling punya kalori yang sama dengan semangkuk mie ayam!

Kolak menjadi suguhan wajib untuk berbuka puasa. Memiliki aroma yang nikmat dengan rasa yang manis, biasanya kolak diolah dengan tambahan santan, gula aren atau gula Jawa, dengan tambahan daun pandan. Tak harus berisi ubi, kolak juga bisa dipadu dengan beberapa tambahan bahan lainnya seperti pisang, kolang-kaling hingga singkong.

Dilansir detik.com, Kolak ubi jadi salah satu takjil yang ditunggu-tunggu saat berbuka puasa. Rasanya legit dengan semburat perpaduan gurih santan yang enak. Mengulik kandungan kalori dari semangkuk kolak ubi, Anda pasti kaget. Pasalnya semangkuk kolak ubi mengandung kalori yang sama dengan semangkuk mie ayam. Wah!

Jenis ubi yang biasa dijadikan sebagai kolak memang beragam, ada ubi kuning, putih dan ungu. 100 gram ubi jalar kuning mengandung kalori sekitar 119 Kkal, 100 gram ubi putih mengandung 88 Kkal sedangkan 100 gram ubi ungu mengandung 123 kkal.

Semangkuk kolak ubi yang mengandung 150 gram (6 potong ubi kuning kotak ukuran sedang), 50 gram gula merah, 150 gram santan dan 80 gram kolang-kaling memiliki kalori sekitar 545 Kkal. 

Jika dibandingkan dengan makanan lain, semangkuk kolak ubi ini sama saja dengan makan semangkuk mie ayam. Karena semangkuk mie ayam dengan topping cincangan daging ayam dan bakso mengandung kalori sekitar 400 - 500 Kkal. Wow, banyak juga ya!

Agar tak berlebihan, sebaiknya cukup menikmati semangkuk kecil kolak ubi saja. Dan lanjutkan makan berat setelah shalat tarawih.

Tags