Jumat, 18 Mei 2018 14:09 WITA

Begini Cara Deng Ical Bagi Waktu untuk Keluarga Selama Puasa

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Begini Cara Deng Ical Bagi Waktu untuk Keluarga Selama Puasa
Deng Ical (Instagram).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Bulan Suci Ramadan 1439 Hijriah, mungkin jadi yang tersibuk bagi Syamsu Rizal. Pasalnya, di Ramadan tahun ini, pria yang akrab di sapa Deng Ical itu harus mengemban tugas selaku Pelaksana Tugas Wali Kota Makassar.

Selain mengerjakan berbagai tugas pimpinan daerah dalam menjalankan administrasi, Deng Ical juga harus melakukan serangkaian pelayanan publik.

Di bulan Ramadan, ia tentu akan disibukkan dengan setumpuk undangan dari masyarakat, seperti acara buka puasa, salat tarawih berjamaah, hingga sahur dan salat subuh bersama.

Dengan kesibukannya, Deng Ical mengaku harus pandai-pandai mengatur waktu, antara bersama keluarga dan masyarakat. Apalagi di momen Ramadhan seperti saat ini.

"Di hari pertama puasa kemarin, saya khususkan untuk keluarga besar. Tarawih pertama di rumah mertua, terus buka puasanya di rumah orangtua. Setelah itu, puasa di hari-hari berikutnya kita ikut undangan sampai mau lebaran," ungkap Deng Ical pada Rakyatku.com, Jumat (18/5/2018).

Begini Cara Deng Ical Bagi Waktu untuk Keluarga Selama Puasa

Sementara untuk istri dan anak-anaknya, suami dari Melia Fersini ini memanfaatkan setiap waktu kosong yang ada. Meski hanya sekedar buka puasa atau sahur bersama.

Kendati disibukkan dengan beragam aktifitas, namun pria kelahiran Selayar, 30 Juni 1973 ini tetap memperhatikan keluarga terutama anak-anaknya, khususnya menyangkut persoalan ibadah.

"Saya selalu mewajibkan anak-anak untuk disiplin dalam beribadah, terutama salat subuh. Kalau mengaji, minimal dua kali sehari. Intinya jauh lebih disiplin di bulan Ramadan," ujarnya.

Deng Ical berharap, kedisiplinan yang diterapkannya selama bulan suci Ramadhan, dapat membawa hikmah dan menjadi pembelajaran bagi ketiga anaknya.