Jumat, 18 Mei 2018 03:30 WITA

Agar Kuat Puasa, Begini Bersantap Sahur Seharusnya

Editor: Nur Hidayat Said
Agar Kuat Puasa, Begini Bersantap Sahur Seharusnya

RAKYATKU.COM - Sudah buat daftar menu sahur untuk sebulan penuh? Buat yang sibuk beraktivitas di bulan puasa, membuat daftar rancangan menu akan sangat membantu.

Dilansir laman IDN Times, agar tetap lancar dan tidak lemas saat berpuasa, berikut ini ada beberapa tips bersantap sahur seharusnya.

1. Makanan Bersantan atau Tinggi Kadar Minyak

Kuliner Indonesia banyak yang diolah dengan menggunakan santan. Cita rasanya memang jadi lebih gurih dan lezat, tetapi sebaiknya kurangi porsinya. Menyantap masakan bersantan saat sahur bisa membuat cepat merasa haus.

Tingginya kadar minyak dalam makanan membuat tenggorokan dan lambung kurang nyaman. Selain itu, bisa menambah kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. 

2. Pertimbangkan Makanan Pedas

Sama seperti makanan bersantan, kudapan pedas juga bisa bikin cepat haus. Apalagi kalau rasa pedasnya bertahan lama di mulut dan lambung. Keinginan untuk minum pasti meningkat.

3. Masakan dengan Bumbu Kuat

Makanan bersantan, pedas, dengan bumbu kuat yang gurih menggoda. Sulit rasanya menolak santapan yang seperti ini! Namun ingat, mengonsumsi masakan yang terlalu asin atau bercita rasa kuat bisa membuat cepat haus.

4. Masih Mau Tambah Camilan Manis?

Meski selama seharian nanti berpuasa, bukan berarti harus menimbun banyak makanan sewaktu sahur. Tetap perhatikan pola makan, jangan sampai berlebihan. 

Apalagi kalau sudah menyantap sepiring nasi dan lauk, masih ditambah camilan manis seperti bolu atau martabak sisa semalam.

Tingginya kadar gula dalam tubuh malah bikin cepat lemas dan haus. Tentu saja bikin puasa jadi kurang nyaman. 

5. Perhatikan Porsi Nasi

Yang satu ini juga perlu diperhatikan. Usahakan santap sahur seimbang, ada sumber karbohidrat, ada sayur, lauk tinggi protein, dan dilengkapi buah-buahan. 

Meski makan banyak porsi nasi bikin kenyang, kadar gula berlebihnya tidak ak baik buat tubuh.

Mengurangi porsi nasi, lalu menambah sayur dan buah justru meningkatkan kadar serat tubuh. Hasilnya, rasa kenyang akan bertahan lebih lama.