Kamis, 17 Mei 2018 16:27 WITA

Inilah Deretan Lokasi Ngabuburit yang Asyik di Makassar

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Inilah Deretan Lokasi Ngabuburit yang Asyik di Makassar
Anjungan Pantai Losari.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Saat bulan Ramadan, tak sedikit masyarakat menunggu sore atau yang biasa dikenal dengan istilah 'ngabuburit' di lokasi-lokasi tertentu, sembari menantikan waktu berbuka puasa.

Di Makassar sendiri, cukup banyak lokasi yang sering dijadikan tempat ngabuburit oleh masyarakat luas. Mulai dari kafe, taman, pantai dan masih banyak lagi. Dihimpun Rakyatku.com, berikut lokasi ngabuburit asyik yang bisa ditemui di Kota Makassar.

1. Pantai Losari

Icon Kota Makassar ini sering dijadikan tempat ngabuburit favorit bagi masyarakat luas, baik dari keluarga, maupun kalangan anak muda. Selain menjadi lokasi yang cukup strategis untuk melihat matahari terbenam, pengunjung juga bisa mendapati berbagai hiburan yang terdapat di Anjungan Pantai Losari.

Tenda-tenda kuliner yang berjejer di sekitar anjungan juga bisa menjadi pilihan pengunjung untuk berbuka puasa. Selain itu, juga ada Masjid Amirul Mukminin yang biasa dikenal sebagai masjid terapung. 

2. Pelabuhan Paotere

Inilah Deretan Lokasi Ngabuburit yang Asyik di Makassar

Pelabuhan ini berjarak sekitar 3 km dari Pantai Losari. Hingga saat ini, pengunjung bisa melihat banyak kapal Phinisi yang berlayar atau bersandar di tepian.

Khusus di bulan Ramadan, pelabuhan ini juga menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat luas untuk ngabuburit. Di sekitar pelabuhan juga terdapat beberapa restoran dengan menu seafood cocok sebagai menu buka puasa.

3. Warunk Upnormal

Saat akhir pekan, kafe yang terletak di Jalan Andi Djemma ini biasanya menghadirkan live music untuk menghibur pelanggan setianya. Namun khusus di bulan Ramadan ini, manajemen Warunk Upnormal mengganti program tersebut dengan menghadirkan ustad muda ternama, untuk memberikan motivasi dan pencerahan kepada pengunjung yang didominasi oleh kalangan anak muda.

Inilah Deretan Lokasi Ngabuburit yang Asyik di Makassar

Ngabuburit di Warunk Upnormal bersama teman atau keluarga juga dijamin seru, karena pihak manajemen menyediakan alat permainan yang bisa digunakan sambil menunggu waktu berbuka puasa. 

Tak hanya itu, fasilitas lainnya seperti musolah dan parkir yang cukup luas juga disediakan bagi para pengunjung. Khusus untuk Ramadan, Warunk Upnormal buka mulai pukul 13.00-24.00 wita.

4. Rumah Kecil 

Bagi masyarakat yang mencari tempat ngabuburit dengan suasana yang beda, Rumah Kecil adalah jawabnnya. Kafe sederhana ini menerapkan konsep alam untuk memanjakan pengunjung yang tengah bosan dengan hiruk pikuk di Kota Makassar.

Rumah Kecil sendiri terletak di tepian sawah tepatnya di Jalan Pannara, Kecamatan Manggala. Lokasinya cukup jauh dari pusat perkotaan.

Khusus di bulan Ramadan, Rumah Kecil menghadirkan program "Rindu Ramadan". Dimana, sebelum berbuka puasa, pengunjung rumah kecil akan dihibur oleh sejumlah sastrawan yang akan membawakan puisi yang mengangkat tema Puisi Tepi Sawah dan akan ada kegiatan-kegiatan positif lainnya.

Inilah Deretan Lokasi Ngabuburit yang Asyik di Makassar

Disamping itu, pengunjung juga bisa menikmati salah satu fasilitas yang disediakan yakni refleksi ikan.

Jika ingin datang ke Rumah Kecil, disarankan bagi pengunjung untuk mengendarai sepeda motor. Karena, untuk sampai di Rumah Kecil, pengunjung harus melewati sebuah gang atau lorong yang cukup sempit, jaraknya sekitar 30 meter.

Selain keempat tempat diatas, masih ada lokasi ngabuburit yang ramai dikunjungi oleh masyarakat, yakni The Level Kafe yang terletak di depan Pantai Losari, Benteng Fort Rotterdam, Pantai Akkarena dan masih banyak lagi.