Jumat, 18 Mei 2018 09:00 WITA

6 Tips Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah saat Puasa

Editor: Nur Hidayat Said
6 Tips Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah saat Puasa
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Ramadan sudah berjalan. Dan, biasanya banyak orang mengalami beragam persoalan saat berpuasa. Salah satunya adalah bibir yang terasa kering akibat tubuh mengalami hidrasi.

Dirangkum dari berbagai sumber, ada beberapa kiat untuk mencegah bibir kering saat berpuasa. Apa saja? Simak berikut ini:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Ketika bibir terasa kering, itu artinya tubuh mengalami kekeringan atau kekurangan cairan. Untuk mencegah agar bibir tidak kering, terutama saat berpuasa, perbanyaklah minum air putih.

Tentu bukan siang hari kamu meminumnya, tetapi hanya saat buka dan sahur saja. Kamu juga perlu ingat, air merupakan sumber cairan yang terbaik bagi tubuh kita dan akan makin baik ketika setiap orang mengonsumsi delapan gelas air dalam sehari. 

Ini merupakan jumlah minimal yang harus diminum seseorang setiap harinya.

2. Hindari Kafein

Kebanyakan orang memiliki kebiasaan makan dan minum apa saja lebih banyak dan lebih tidak teratur dari biasanya. Selama puasa, hindari asupan kafein karena bisa membuat kelembaban kulit berkurang.

3. Pakai Lip Balm

Mencegah bibir kering dan pecah-pecah di saat puasa juga bisa dilakukan dengan menggunakan lip balm. Baik wanita maupun pria dapat menggunakan lip balm dengan kandungan moisturizer tinggi yang bisa sangat menolong agar bibir tidak pecah-pecah. 

4. Hindari Makanan Asin dan Pedas

Jika kamu penyuka makanan asin atau pedas, maka sebaiknya hindari hal itu saat puasa. Bagi yang mempunyai bibir kering atau biasanya mudah menjadi kering, makanan asin atau pedas justru dapat memicu bibir kamu akan semakin kering. Selain itu, tenggorokan pun ikut mudah kering sehingga lebih cepat terasa haus.

5. Hilangkan Sel Kulit Mati

Bibir yang kering, apalagi jika disertai dengan pecah-pecah sebenarnya merupakan hasil sel kulit mati yang mengelupas. Sebelum merasa tidak nyaman akibat bibir yang terlalu kering atau pecah-pecah, cobalah untuk menghilangkannya terlebih dahulu dengan cara membersihkannya.

Kamu bisa melakukan perawatan seminggu sekali. Basahi bagian bibir menggunakan air hangat, lalu gosok bagian permukaan bibir menggunakan sikat gigi dengan tingkat kelembutan bulu yang tinggi sehingga tak menimbulkan luka. 

6. Gunakan Madu

Mencegah agar bibir tidak kering maupun pecah-pecah saat puasa, cobalah untuk memanfaatkan madu murni. Namun, jangan menggunakannya di siang hari saat puasa.

Oleskan madu murni di bagian bibir saat menjelang tidur setiap malamnya. Kemudian, saat sahur kamu juga bisa meminum madu dengan dicampur air sebanyak tiga sendok makan.