Kamis, 17 Mei 2018 11:52 WITA

Sambut Ramadan, Warga Desa Kuajang Gelar Pawai Obor

Editor: Aswad Syam
Sambut Ramadan, Warga Desa Kuajang Gelar Pawai Obor
Remaja Masjid Nurul Hidayah, mengarak obor di Dusun Lemo Tua, Desa Kuanjang, Kabupaten Polman, Rabu malam (16/5/2018).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Salat tarawih baru saja usai di Masjid Nurul Hidayah, Dusun Lemo Tua, Desa Kuanjang, Kabupaten Polman, Rabu malam (16/5/2018). Para jemaah kemudian mengambil obor masing-masing, menyulut dengan api.

Dimotori Remaja Masjid Nurul Hidayah, para jemaah mengarak obor tersebut keliling desa. Ratusan warga  yang mengikuti pawai ini, didominasi anak-anak dan remaja. 

Mereka melantunkan salawat dan nyanyian-nyanyian bernuansa Islam. Tak jarang suara-suara menyerukan perdamaian juga terdengar dalam pawai ini. Pawai ini, tentu saja menjadi hiburan bagi warga Desa Kuajang yang selalu menantikan pawai keliling ini. Mereka berbaris di pinggir jalan, mengelu-elukan rombongan pembawa obor.

Ketua panitia, Indra Marsuk kepada Rakyatku.Com mengatakan, pawai ini sudah menjadi tradisi di kampungnya. Mereka menggelar pawai ini untuk mengingatkan para warga, bahwa bulan Ramadan yang merupakan bulan suci, harus disambut dengan penuh suka cita dan kegembiraan. 

"Kami ingin menghibur para warga, bahwa bulan Ramadan telah tiba. Maka kami menyambutnya dengan penuh kegembiraan. Cara ini juga sekaligus agar masyarakat tambah dekat dengan bulan suci umat muslim," ujar Indra yang juga merupakan relawan kampung pendidikan, Kamis (17/5/2018).

Sementara itu, salah seorang remaja masjid, Mahfud mengatakan, persiapan pawai ini cukup sulit. Hal ini dikarenakan untuk mempersiapkan obor, panitia membutuhkan banyak bambu. Beruntung, para remaja masjid dibantu warga untuk mempersiapkan alat-alat ini. 

"Mungkin agak sulit, tapi alhamdulillah obor-obornya bisa dipersiapkan tepat waktu, karena bantuan warga," kata Mahfud. 

Kegiatan ini dibuka Imam Masjid Nurul Hidayah sekaligus tokoh masyarakat yang dihormati di desa ini, Ustaz H. Abu Bakar. Kegiatan ini juga sekaligus merupakan acara pembuka kegiatan Ramadan yang digelar Remaja Masjid Lemo Tua.