Rabu, 16 Mei 2018 19:23 WITA

Cara Cegah Kulit Kering Saat Berpuasa

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Cara Cegah Kulit Kering Saat Berpuasa

RAKYATKU.COM - Kebutuhan air untuk tubuh akan terpenunhi dengan asupan cairan minimal 8 gelas per hari. Namun kan ini biasanya tidak terpenuhi ketika sedang berpuasa. Bahkan, beberapa orang hanya minum sedikit air saat berbuka maupun sahur.

Kebutuhan air ini juga diperlukan agar kulit tidak kering. Berikut ini adalah beberapa agar kulit tidak kering selama berpuasa yang dikutip dari Klik dokter.

1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan 8 gelas air per hari. Jumlah ini bisa disiasati dengan mengonsumsi buah-buahan (apel, semangka, anggur, melon, dan lain-lain) yang kaya cairan sekaligus mudah dicerna atau makanan berkuah. Hindari minuman bersoda dan berkafein karena bersifat diuretik sehingga akan menyebabkan kebutuhan tubuh akan air meningkat.

2. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran segar berbagai warna dan variasi. Kandungan vitamin dan mineral di dalamnya akan memastikan kulit Anda selalu dalam keadaan terhidrasi.

3. Tidak mandi lebih dari 5 menit dengan air panas.

4. Pilih sabun yang berpelembap. Selain dapat membersihkan kotoran, sabun berpelembap dapat menggantikan pelembap alami kulit yang hilang pada proses pembersihan.

5. Setelah mandi, gunakan pelembap segera untuk menjaga hidrasi kulit dari dalam. Gunakan losion ketika kulit masih terasa lembap dan dingin. Hal ini dilakukan untuk mengunci kelembapan di kulit secara efektif. Pada pagi dan siang hari, jangan lupa untuk menggunakan pelembap yang mengandung tabir surya dengan SPF minimal 30 agar kulit terlindungi dari kerusakan akibat sinar ultraviolet.

Puasa di bulan Ramadan bisa menjadi tantangan tersendiri dalam hal menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi dengan baik. Selain dengan pola makan yang sehat, penuhi kebutuhan cairan tubuh, gunakan pelembap setelah mandi, dan jangan mandi lebih dari 5 menit! Tak hanya itu, pastikan untuk beristirahat cukup supaya kulit punya waktu untuk regenerasi.