Selasa, 15 Mei 2018 12:47 WITA

Jelang Ramadan, Harga Ayam Potong di Pangkep Melambung

Editor: Andi Chaerul Fadli
Jelang Ramadan, Harga Ayam Potong di Pangkep Melambung

RAKYATKU.COM, PANGKEP - Harga ayam potong di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, kembali melambung menjelang Ramadan 2018. Harga per kilogram ayam potong broiler, berkisar Rp37 ribu, sedangkan awal Mei 2018 hanya berkisar Rp25 hingga Rp29 ribu perkilogram.

Kamaruddin, pedagang ayam potong di Pasar Sentral Pangkep mengaku heran dengan harga ayam potong yang dinilainya cukup tinggi tersebut. Sedangkan, bicara stok, stok ayam potong cukup baik. Ia mengaku hanya bisa mengikuti standar harga yang berlaku tersebut.

"Kurang tahu juga kenapa naik, karena setahu saya banyak ayam besar di pasar, itu artinya stok bagus. Biasanya kalau kurang stok, paling yang beredar ayamnya kecil-kecil, dengan berat 1,5 kilogram. Nah, ini ada banyak yang di atas dua kilo per ekor," ujar Kamaruddin.

Kenaikan harga ayam potong tersebut juga diikuti beberapa bahan pokok yang naik jelang Ramadan, di antaranya gula pasir, dimana perkilonya tembus 10 ribu perkilo gram, dan tepung yang mengalami kenaikan di atas Rp3 ribu per karungnya.

"Tapi naiknya masih wajar, dan stok aman. Hanya gula dan terigu yang naik sedikit," ungkap Suriadi, owner swalayan Cahaya Ujung Pangkep